Susu Kambing Untuk Bayi, Bolehkah?

By | April 2, 2013

susu kambing untuk bayiAir Susu Ibu (ASI) adalah sumber makanan terbaik bagi tumbuh kembang bayi. Namun apabila ada sesuatu hal yang menghalangi baik secara alami atau keadaan yang menuntun tidak memungkinkan untuk memberikan asupan ASI yang cukup, ada alternatif lain yaitu dengan Susu Kambing Etawa. Susu kambing dipercaya memiliki kualitas hampir setara dengan ASI.

Seperti dikutip dari web Parenting, Dr. William Sears menyarankan orangtua untuk memberikan susu kambing pada bayinya, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau tidak bisa menoleransi susu sapi. Hal ini karena susu kambing lebih mudah dicerna,” ujar Dr. William Sears. Banyak laporan yang telah diterima oleh Dr. William Sears akan reaksi alergi dari bayi hilang atau membaik setelah diberikan susu kambing.

Sebenarnya Bolehkah Susu Kambing Untuk Bayi?
Boleh dan direkomendasikan setelah mengkonsumsi nasi atau bubur umumnya di usia 6 bulan keatas. Dengan begitu sistem pencernaannya sudah siap untuk dapat mencerna dan menyerab nutrisi serta gizi susu kambing dengan maksimal. Berikut ini beberapa alasan yang membuat susu kambing lebih mudah dicerna oleh bayi yaitu:

  1. Kandungan protein alergi yang dimiliki susu kambing etawa lebih sedikit dibandingkan susu sapi.DenganĀ  Struktur / tekstur protein yang terdapat dalam susu kambing yang dibentuk oleh asam lambung pada protein (dadih) sangat mudah dicerna bagi sistem pencernaan bayi. Karena sifat yang mudah dicerna inilah yang menjadikan alasan banyak dokter yang merekomendasikan susu kambing etawa untuk bayi dan balita. Khususnya bagi bayi yang memiliki alergi terhadap susu formula atau susu sapi pada umumnya.
  2. Kandungan Lemak pada susu kambing cenderung lembut serta mudah dicerna pencernaan. Hal ini dikarenakan struktur kandungan jumlah asam lemak rantai pendek dan menengah yang lebih tinggi.
  3. Susu kambing tidak seperti susu sapi yang tinggi akan laktosa, sebaliknya kandungan laktosa pada susu kambing lebih sedikit dan dapat ditolerir bagi penderita yang alergi laktosa.
  4. Susu kambing diketahui mengandung kalsium, vitamin B6, vitamin A, potasium, niasin dan antioksidan selenium yang sedikit lebih tinggi dibanding dengan susu sapi. Tapi kandungan asam folat dalam susu kambing ini lebih sedikit.

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan penggunaan susu kambing bagi bayi berusia di bawah 1 tahun, dan menyarankan untuk sedapat mungkin memberikan ASI karena ASI merupakan salah satu susu terbaik bagi bayi. Kesimpulannya adalah susu kambing boleh diberikan kepada bayi dengan alasan, sebagai alternatif apabila asupan ASI tidak mencukupi, sebagai alternatif jika alergi dengan susu sapi / susu formula, dan dengan catatan pencernaan bayi sudah siap menerima yaitu dengan asumsi bahwa bayi sudah mengkonsumsi bubur atau umur bayi 1 tahun. Kami selalu merekomendasikan bahwa ASI lah yang paling utama dan prioritas. Sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menjatuhkan pilihan untuk memberikan Susu Kambing sebagai alternatif pengganti atau pendamping ASI.

Pencarian Terkait : susu kambing untuk bayi, Bolehkah bayi minum susu kambing, susu kambing untuk bayi 1 tahun, susu kambing etawa untuk bayi, bayi minum susu kambing, susu kambing untuk bayi dibawah 1 tahun, bolehkah susu kambing untuk bayi, susu kambing anugerah untuk ibu mengandung, khasiat susu kambing anugerah, susu kambing anugerah untuk bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *