Asal Kambing Etawa

By | March 7, 2018

Sebagian dari konsumen susu kambing etawa hanya mengetahui susu yang mereka konsumsi berasal dari kambing etawa, dan sebagian sisanya tidak mengetahui. Namun ada beberapa konsumen yang ingin mengetahui asal dari kambing etawa ini.

Kambing etawa ini berasal dari Cakarnagar, bagian utara Prades, India. Hanya saja tidak disebut dengan kambing etawa melainkan disebut dengan Jamnapari. Jamnapari memiliki arti Keagunggan Jamuna, namun ada juga yang menyebutnya dengan ‘Pari’ yang berarti anggun. Dari segi fisik, kambing ini memiliki penampilan yang anggun hingga menarik.

Asal Kambing Etawa

Kambing ini memiliki badan yang tinggi dengan leher yang panjang dengan setiap langkahnya yang anggun serta wajah yang tidak pernah tak tersenyum. Kambing ini banyak ditemukan diantara sungai Cambal dan Jamuna, tidak hanya itu kambing ini juga bisa ditemukan di sepanjang sungai Kwari Districk Bhind, sebelah timur kota Delhi, Madya Prades. Kambing ini menjadi kambih perah terbaik di India.

Habitat utama dari Jamnapari adalah tempat yang subur dengan hijaunya tanaman dank arena sudah beradaptasi dengan kondisi habitatnya Jamnapari tidak bisa hidup di tempat baru karena itu tidak mudah untuk menemukan Jamnapari. Jamnapari yang dipelihara oleh masyarakat biasanya diberimakan berupa campuran bijian sebelum dilepas untuk meruput.

Jamnapari yang sedang hamil juga tidak dieprkenankan untuk keluar untuk merumput sehingga hanya diberi makanan khusus untuk kambing yang hamil yakni gandum, Jowar, Bajra, dan Barley. Jamnapari yang masih menyusu kepada induknya hanya diberi waktu hingga berusia 3 bulan dan setelahnya induk akan diberi makanan khusus untuk meningkatkan produksi susu,

Jamnapari masuk ke Indonesia
Bangsa Inggris yang menjajah daratan India adalah bangsa pertama yang membawa keluar Jamnapari menuju daratan eropa dari daratan India dan dikawin silangkan dengan kambing lokal Inggris sehingga menghasilkan kambing yang begitu terkenal Anglo Nubian.

Jamnapari menjadi nenek moyang kambing Nubian yang terkenal dengan produksi susu yang meliimpah. Dan dari eropa juga keberadaan Jamnapari menyebar seiring dengan banyaknya kapal pelayaran yang bersinggah dan berniaga keseluruh dunia.

Sedangkan Jamnapari masuk ke Indonesia setelah kapal VOC dengan tujuan Pulau Jawa membawa Jamnapari untuk mengisi kekosongan kargo kapal. Jamnapari ini merupakan peliharaan yang enggan untuk ditinggalkan dari sepasang suami dan istri yang menjabat sebagai pengawas perkebunan yang dikenal sebagai Tuan Amtenar.
Sepasang suami-istri ini mengenalkan kepada masyarakat di jawa tengah sebagai kambing etawah, sedangkan masyarakat di jawa tengah sendiri melafalkanya sebagai kambing etawa tanpa membunyikan H diakhir kalimat.
Seperti yang terjadi di Inggris dimana Jamnapari dikawinkan dengan kambing lokal, di Indonesia juga terjadi hal yang sama untuk meningkatkan populasi Jamnapari dengan disilangkan kambing lokal. Dan sekarang dikenal dengan kambing PE atau Peranakan Etawa. Demikian asal usul kambing etawa yang berasal dari Jamnaapri, kambing India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *