Apa itu Thalasemia Dan Cara Mengobatinya

By | September 14, 2013

Apa itu Thalasemia Dan Cara Mengobatinya? Bagi sebagian anda mungkin Thalasemia belum begitu familiar. Nah disini saya akan membahas tentang penyakit Thalasemia. Thalasemia bukan penyakit menular, melainkan penyakit yang disebabkan oleh keturunan. Talasemia merupakan salah satu jenis anemia hemolitik dan merupakan penyakit keturunan yang diturunkan secara autosomal yang paling banyak dijumpai di Indonesia dan Italia. (Sumber Wikipedia Talasemia). Thalassemia adalah kelainan darah yang sifatnya menurun (genetik). Sebagian besar penderita talasemia adalah anak-anak usia 0 hingga 18 tahun. Pada talasemia terjadi keApa itu Thalasemialainan pada gen-gen yang mengatur pembentukan dari rantai globin sehingga produksinya terganggu. Gangguan dari pembentukan rantai globin ini akan mengakibatkan kerusakan pada sel darah merah yang pada akhirnya akan menimbulkan pecahnya sel darah tersebut. Thalasemia memang merupakan salah satu penyakit menahun, yang diturunkan dalam keluarga, dan menyebabkan timbulnya anemia, mulai dari anemia ringan sampai berat. Anemia adalah kondisi di mana kadar hemoglobin (Hb) dan sel darah merah dalam darah menurun.

Hemoglobin tersusun dari dua jenis rantai protein, yaitu rantai protein alpha globin dan rantai protein beta globin. Bila yang terganggu pembentukannya adalah rantai protein alpha globin, maka thalasemia yang timbul disebut thalasemia alpha. Bila yang terganggu adalah rantai protein beta, maka thalasemia yang timbul disebut thalasemia beta. Kedua tipe ini bisa ditemukan dalam bentuk ringan hingga berat.

Pengobatan Thalasemia secara Medis
Pasien penderita thalasemia disarankan untuk mengonsumsi suplemen folat dan menghindari pemberian obat-obatan yang mengandung zat besi dan pengoksidasi seperti golongan sulfonamid. Penderita Thalasemia tidak boleh stres dan sangat dianjurkan untuk menghindarinya. Bagi mereka yang sudah tergolong Thalasemia parah umumnya akan mendapatkan perawatan intensif serta mendapatkan perawatan transfusi darah secara terjadwal. Dewasa ini telah ditemukan teknologi medis modern yaitu pengobatan thalasemia dengan jalan transplantasi sumsum tulang yang allogenic.

Pengobatan Thalasemia dengan Susu Kambing
Susu kambing dipercaya dapat membantu dalam terapi penyembuhan thalasemia. Akan tetapi Manfaat susu kambing etawa untuk penyembuhan pasien thalasemia masih harus diteliti lebih jauh. Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Bagaimana caranya menekan prevalensi thalassemia ?
Prevalensi penyakit thalassemia  dapat dicegah atau dikurangi dengan beberapa cara berikut ini :

  • Setiap orang¬† melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah dirinya menderita thalassemia minor atau tidak.
  • Mencegah/menghindari perkawinan antara dua orang pembawa sifat thalassemia.
  • Memeriksa janin yang dikandung oleh pasangan pembawa sifat, dan menghentikan kehamilan bila janin dinyatakan sebagai penderita thalassemia mayor.

Sekian pembahasan kali ini seputar dengan Apa itu Thalasemia Dan Cara Mengobatinya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman teman facebook / twitter.

Pencarian Terkait : telesemia, penyembuhan thalasemia, penyakit telesemia, cara penyembuhan thalasemia, apa itu thalasemia, cara mengobati thalasemia, pengobatan thalasemia, pengobatan talasemia, cara mencegah thalasemia, cara menyembuhkan thalasemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *